Broker

Broker atau Pialang adalah suatu perusahaan yang berfungsi sebagai perantara atau jembatan (mediator) yang menghubungkan antara market dengan trader, sehingga para trader nantinya bisa melakukan transaksi Buy dan Sell.

Karena broker atau pialang ini berfungsi sebagai perantara, maka para trader hendaknya memilih broker yang statusnya jelas, teregulasi, dan tidak sembarangan. Maukah anda jika anda yang niatnya mau trading dan terjun ke market tiba-tiba ternyata dana anda diambil oleh broker dan anda tertipu? Tentu tidak mau bukan?

Memilih broker yang dipercaya atau mempunyai reputasi yang baik itu bukanlah perkara sulit, karena saat ini sudah banyak informasi bertebaran di Internet. Tetapi tidak jarang pula, informasi yang anda dapat di internet itu benar-benar informasi yang bisa dipercaya, atau hanya sekedar hoax. Jadi intinya untuk memilih broker yang baik itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.wkwkwk.

Yang perlu anda tahu, kadang ada beberapa informasi yang kelihatannya menarik dan memberi penilaian yang bagus pada suatu broker tetapi ada juga yang memberikan penilaian yang jelek pada broker tersebut. Kalau terjadi hal seperti itu, memang wajar karena pandangan tiap orang itu berbeda terhadap penilaian suatu broker, jadi antara situs A dan B tersebut memberi penilaian yang beda itu hal yang wajar.

Namun, dibalik hal yang wajar tersebut kadang juga ada hal terselubung didalamnya. Misalnya ada suatu situs yang mereview bagus atau jeleknya suatu broker karena hanya sekedar mencari keuntungan didalamnya, contohnya: si pemilik situs tersebut mencari link affiliasi/referal, merupakan IB dari broker, ataupun mendapatkan sponsor dari broker tertentu.

Nah, sekarang ini sudah banyak menjamur hal-hal seperti itu. Di media sosial juga, sering sekali orang yang menyebar spam link, clickbait, dan menipu hanya sekedar untuk mencari pundi-pundi receh didalamnya.

Pada intinya, saat anda memilih suatu broker hendaknya mempertimbangkan hal-hal berikut, seperti:

  • Melihat regulasi broker tersebut, apakah terdaftar atau tidak di beberapa regulator yang kredibel misalnya regulator NFA, CFTC, IIROC, FCA, ASIC, ataupun regulator lain misalnya JFSA, MAS, BaFin, CySEC, IFSC, atau juga BAPPEBTI. 
  • Setelah itu jika broker tersebut sudah terdaftar, anda bisa mencari informasi lebih rinci mengenai jenis platform trading yang digunakan, fitur, dan reliabilitasnya. Apakah broker tersebut memiliki platform sendiri (misalnya: xStation, IRESS, Protrader, dan lain-lain), dan apakah tersedia platform populer seperti Metatrader (MT4 atau MT5) ataupun cTrader?
  • Kemudian setelah itu untuk lebih mempercayai broker tersebut, lihatlah kapitalisasi broker tersebut apakah termasuk broker bonafid atau tidak.
  • Setelah itu, anda harus bedakan jenis/tipe broker tersebut, apakah perusahaan tersebut broker atau dealer? DD atau NDD, MarketMaker/Bucket Shop, atau STP/ECN/DMA?
  • Baru, setelah melihat jenis yang dirasa cocok dengan gaya trading anda, kemudian lihatlah isi/sisi teknis dari broker tersebut, misalnya mengenai dukungan broker tersebut terhadap klien (CS), besarnya spread dibroker tersebut, apakah ada biaya tambahan misalnya adanya biaya komisi, biaya swap, biaya akun tidak aktif, ataupun biaya trading yang lain.
  • Setelah itu, lihatlah jenis account trading yang disediakan (misalnya akun Micro, Mini, Zero Spread), jasa layanan tambahan yang diberikan (misalnya VPS), besarnya Leverage, Margin Call/stop out yang diperbolehkan, maupun aturan-aturan trading yang diijinkan misalnya boleh dan tidaknya menggunakan robot/EA, menggunakan hedging, ataupun teknik scalping diijinkan atau tidak.
  • Setelah itu lihatlah opsi Deposit/Withdraw yang disediakan oleh broker tersebut misalnya adakah opsi Depo/WD melalui Wire, Transefer, Kartu kredit/debit, ataupun melalui E-payment (seperti: PayPal, Skrill, Neteller, Fasapay, Webmoney, dan lain-lain)? Lihat juga berapa minimun deposit/initial deposit yang broker minta.
  • Setelah dirasa cocok, anda bisa mencari referensi lain tentang broker tersebut misalnya melihat profil/review broker tersebut, testimoni dari beberapa trader yang telah tergabung, maupun melihat-lihat informasi lainnya.

Nah, itulah beberapa cara untuk mempertimbangkan dalam memilih broker. Untuk informasi lebih lanjut, anda juga bisa membaca-bacanya di blog ini hehehe. Di blog ini, informasi mengenai broker akan dibagi-bagi menjadi beberapa kanal, seperti:

  • Review Broker
  • Pada kanal ini, akan disajikan beberapa informasi tentang review dari beberapa broker. Review tersebut diantaranya tentang informasi broker tersebut apakah teregulasi atau tidak, opsi deposit/withdraw yang disediakan, platform yang digunakan, tipe/jenis broker tersebut, jenis akun yang disediakan, sisi teknis broker tersebut, maupun hal-hal lain terkait broker tersebut.

  • Info Broker
  • Pada bagian Info Broker, akan disajikan beberapa informasi tentang broker. Termasuk didalamnya tentang tips memilih broker, berita tentang suatu broker, rekomendasi broker, ataupun beberapa hal-lain yang masih ada kaitannya dengan broker.